Menyantap Makanan Favorit Penguasa Pura Mangkunagaran di Pracimasana

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Jika berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, jangan lupa untuk menikmati hidangan ala raja di Pracimasana. Restoran berkonsep fine dining ini terletak di Pracima Tuin atau Taman Pracima. Tepatnya di sisi barat Pura Mangkunegaran. 

Konsep Pracima Tuin sendiri sudah direncanakan sejak masa Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VI. Pembangunannya disempurnakan kembali di era Mangkunegara VII dan berhasil diselesaikan saat ini, di bawah arahan Mangkunegara X.

Bangunan Pracimasana kerap disebut glass house, karena sebagian besar eksteriornya menggunakan kaca. Warna putih mendominasi bagian luar dan interior bagian dalamnya bernuansa rustic dengan sentuhan warna krem dan putih. Sentuhan warna keemasan memberikan kesan mewah namun terasa sederhana. 

Sementara makanan yang disajikan adalah menu-menu favorit Mangkungoro yang sudah dikurasi khusus. Perwakilan Pura Mangkunegaran, Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo mengatakan makanan yang disajikan memang terlihat seperti makanan ala Barat. 

“Itu merupakan bagian untuk melestarikan kuliner dari zaman dulu supaya tidak hilang,” kata wanita yang disapa Gusti Sura itu, di Solo, Jawa Tengah, Senin, 14 Agustus 2023.

Menu Favorit Penguasa Mangkunegara

Para tamu mendapatkan welcome drink berupa Kunyit Asem, yang terdiri dari campuran kunyit, asem jawa dan gula aren. Rasanya segar, manis dan asam. Semua komposisinya pas, tak kurang atau berlebihan. 

Sebagai menu pembuka disajikan Brubus. Daging giling yang dibumbui sederhana dibalut dengan sawi kukus dan disajikan dengan sambal kencur dan are santan.  “Ini adalah menu pembuka favorit Mangkunegara VII,” kata Gusti Sura.

Brubus olahan daging yang dibalut sawi putih. Menu pembuka favorit Mangkunegara VII, yang disajikan di Pracimasana, Solo, Jawa Tengah. (TEMPO/Yunia Pratiwi)

Ada juga Urap Pitik Linting, potongan daging ayam yang digulung dilengkapi dengan urap sayuran di atasnya. Menariknya, urap sudah disajikan di atas meja makan sejak zaman Mataram Kuno di Jawa Tengah. Sampai saat ini, olahan urap pun masih disajikan di Pura Mangkunegaran

Iklan

Menu pembuka selanjutnya adalah semangkuk kecil Sop Daging Rempah. Rasa gurih dan hangat dari rempah-rempah pilihan sajian daging kisi kembang dan potongan wortel ini sangat menggugah selera. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *