Elektabilitas Prabowo Dinilai Jadi Magnet Kuat bagi Golkar dan PAN Beri Dukungan

Tak Berkategori

Selasa, 15 Agustus 2023 – 20:13 WIB

Jakarta – Keunggulan bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dalam survei dari berbagai lembaga survei dinilai menjadi magnet bagi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk melabuhkan dukungan ke Prabowo. 

Baca Juga :

Prabowo Subianto: Saya Tak Menyesal Bergabung di Pemerintahan Jokowi

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional, Adib Miftahul. “Saya berpandangan pertama bahwa tidak bisa dipungkiri dengan beberapa indikator survei-survei yang keluar, Prabowo ini leading di antara 2 capres lainnya yaitu Ganjar dan Anies. Kalau ditanya ini adalah magnet politik ya tentu saja,” katanya.

Menjelang Pilpres 2024, menurut Adib, perlahan-lahan mulai terkuak berbagai macam kalkulasi terbentuknya poros koalisi yang diusung oleh beberapa partai politik (parpol), termasuk oleh Partai Gerindra. Adapun poros koalisi yang dibangun Gerindra, kata Adib, terbukti menjadi magnet politik bagi Golkar dan PAN. 

Baca Juga :

Awiek PPP Sentil Erick Thohir soal Teroris di BUMN, Eko Patrio: Dikaitkan Isu Politik, Kurang Etis

“Ini yang sering saya sebut bahwa formulasi-formulasi itu sedikit demi sedikit sudah mulai terbentuk poros koalisi yang diusung oleh Gerindra, ternyata memang menjadi magnet politik dengan figurnya yaitu Prabowo Subianto. Dan terjawab ketika Golkar dan PAN merapat,” katanya. 

Golkar dan PAN saat deklarasi dukung  bacapres Prabowo Subianto.

Golkar dan PAN saat deklarasi dukung bacapres Prabowo Subianto.

Baca Juga :

Gagal Koalisi dengan PDIP, Golkar: Dinamika Politik Berjalan Cepat

Adib mengatakan, selain poros koalisi yang kuat, figur Prabowo juga terbukti mengantongi elektabilitas tertinggi dibandingkan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo dan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. 

Dalam survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023, Prabowo berhasil mengantongi dukungan tertinggi. 

Halaman Selanjutnya

Dari hasil survei LSI tersebut, Prabowo berhasil menempati peringkat pertama dengan total suara sebesar 35,8 persen, diikuti Ganjar dengan 32,2 persen dan Anies Baswedan dengan 21,4 persen. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *