Cara Unik Sosialisasikan Ganjar Capres, Ajak Anak Muda di Bandung Bermain Calung

Tak Berkategori

Minggu, 6 Agustus 2023 – 16:30 WIB

Bandung – Anak muda di Kota Bandung, Jawa Barat tertarik untuk ikut melestarikan kesenian tradisional berkat kegiatan yang digelar para relawan Srikandi Ganjar.

Baca Juga :

Guntur Romli Pilih Mundur dari PSI, Andy Budiman: Kami Maklumi Posisi Beliau

Mereka mengadakan pertunjukan seni musik tradisional calung yang diikuti para pemuda di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 5 Agustus 2023.

“Hari ini ada penampilan alat musik tradisional yaitu calung. Tujuannya, kami ingin melestarikan budaya ataupun alat musik tradisional dari Jawa Barat, khususnya yaitu alat musik calung,” kata Koordinator Wilayah Srikandi Jawa Barat, Eva Yuliana.

Baca Juga :

Temui Budiman Sudjatmiko, Relawan Jokowi Usul Gibran hingga Ganjar Jadi Bacawapres Prabowo

Kegiatan tersebut tak hanya menampilkan musik tradisional calung, tapi juga dimeriahkan tarian tradisional yang ditampilkan para remaja perempuan dari kawasan sekitar.

Penampilan tersebut sekaligus membuka acara, sebelum dilanjutkan dengan penampilan musik tradisional calung yang dibawakan sekelompok pemuda-pemudi setempat.

Baca Juga :

Lewat Lomba Mancing, Relawan Ganjar Kampanyekan Pentingnya Makan Ikan

Eva menjelaskan keunikan dan daya tarik dari alat musik calung, mulai dari bahan dasarnya hingga suara yang dihasilkan saat dimainkan bersama-sama oleh satu grup musik.

“Calung itu alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang nantinya itu ada ketukan-ketukan khusus berupa angka-angka. Memang nanti beberapa bagiannya (dari empat calung yang dimainkan) ada ketukan-ketukan tersendiri,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya

Dalam penampilan kali ini terdapat empat pemain calung yang memainkan dua jenis calung, masing-masing dua calung penerus dan dua calung melodi.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *