Bamsoet Sampaikan Agenda Sidang Tahunan MPR 2023

Tak Berkategori

INFO NASIONAL – Ketua MPR, Bambang Soesatyo menyampaikan rangkaian agenda peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia yang siap digelar di lingkungan MPR/DPR/DPD pada Agustus tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, MPR akan menggelar Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR, dan DPD pada Rabu, 16 Agustus 2023 mulai pukul 9.30. “Akan dihadiri lebih kurang 1.549 undangan,” ujar Bamsoet kepada insan pers pada Senin pagi, 14 Agustus 2023.

Undangan yang akan hadir, Bamsoet melanjutkan, antara lain presiden Joko Widodo dan wakilnya, KH Ma’ruf Amin. Kemudian presiden dan wapres dari periode-periode sebelumnya, lembaga negara, para menteri di Kabinet Indonesia Maju, para pejabat setingkat menteri, serta para pimpimpan partai politik.

“Dan untuk memantapkan persiapan, gladi bersih sidang akan dilaksanakan besok, Selasa tanggal 15 Agustus pukul 13.00,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Menurut dia, kehadiran Jokowi pada Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD akan lanjut, Jokowi akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-78 RI.

Acara sidang tahunan akan dimulai dengan pembukaan, lalu pidato pengantar dari Ketua MPR dalam rangka Sidang Tahunan MPR. Dilanjutkan dengan pidato pengantar dari Ketua DPD dalam rangka sidang bersama DPR dan DPD.

Setelah itu, Jokowi akan menyampai pidato dan dilanjutkan pembacaan doa serta persembahan lagu-lagu daerah. “Terakhir adalah penutupan. Setelah itu kita istirahat dulu, lalu dilanjutkan penyampaian nota keuangan pemerintah dalam sidang paripurna DPR,” ucap Bamsoet.

Dia menegaskan, persiapan telah dilakukan oleh MPR untuk memastikan agenda Sidang MPR 2023 berjalan lancar dan sukses. Antara lain Melalui rapat pimpinan majelis pada 8 Agustus silam, dan pertemuan konsultasi majelis dengan Jokowi pada 9 Agustus.

Iklan

Selain agenda Sidang Tahunan MPR, juga akan digelar agenda kebangsaan yakni Peringatan Hari Konstitusi yang dirangkaikan dengan HUT ke-78 MPR pada Jumat, 18 Agustus 2023, berlokasi di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, pada pukul 14.00

Acara yang mengusung tema “Pemilu 2024: Mewujudkan Demokrasi Konstitusional yang Mempererat Persatuan Bangsa” juga akan dihadiri oleh Jokowi. Adapun susunan acara antara lain Menyanyikan lagu Indonesia Raya Sambutan Ketua MPR, Sambutan Presiden, Pembacaan Doa, dan penutupan.

Bamsoet menuturkan, acara pada 18 Agustus nanti akan tampil beda. Pertama, ada penayangan video tentang perjalanan sejarah MPR dari terbentuknya Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) hingga MPR yang ada saat ini.

“Juga akan ada testimoni Gen Z berupa pandangan dan harapan generasi milenial terhadap MPR, agar langkah mereka menuju Indonesia Emas 2024 berjalan mulus dan lanarSelanjutnya menampilkan komposer muda Indonesia, Alffy Rev, yang akan menampilkan karya fenomenalnya ‘Wonderlan Indonesia’,” tutur Bamsoet.

MPR juga akan menghadirkan pergelaran wayang kulit di Lapangan Bola Kompleks Parlemen dengan dalang Ki Purbo Asmoro pada 25 Agustus, kemudian Lomba Catur Wartawan di lingkungan kementerian dan lembaga pada 27 Agustus.

Sementara itu, pada 29 Agustus akan hadir Final Stand Up Comedy dan pengumuman pemenang Lomba Karya Jurnalistik, Lomba Catur, Lomba Podcast, Lomba Video Modul Ajar, Lomba Ilustrasi, dan Lomba Video Vertikal. (*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *