Waspada yang Suka Pakai HP saat Berkendara, Polri Gelar Operasi Keselamatan Jaya 2024 di Jadetabek

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Polda Metro Jaya akan melaksanakan Operasi Keselamatan Jaya 2024 di wilayah hukumannya yang akan digelar pada 4-17 Maret 2024.

Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

“Operasi Keselamatan Jaya 2024 ini merupakan jenis operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis,” ujar Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suyudi Ario Seto, dalam sambutannya saat Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan “Keselamatan Jaya 2024” di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu (2/3/2024).

Baca juga: Dua Pekan Operasi Keselamatan Jaya 2023, 34.132 Pengendara Ditegur-6.469 Orang Kena Tilang ETLE

Suyudi memastikan, pihaknya dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Jaya 2024, akan mengedepankan tindakan preventif, edukatif, dan pre-emptif.

“Didukung penegakan hukum secara elektronik, baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka mewujudkan kamseltibcarlantas yang bertujuan guna meraih simpati masyarakat, menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” kata dia.

Jenderal bintang satu itu mengatakan, Operasi Keselamatan Jaya 2024 ini juga sekaligus sebagai bentuk upaya cipta kondisi Kamseltibcarlantas jelang bulan Ramadan.

“Sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih siap dan disiplin dalam berlalu lintas, serta angka kecelakaan pada bulan Ramadan dapat berkurang,” tuturnya.

Baca juga: Belasan Mobil Digembok Satlantas Polresta Bandara Soetta, Dampak Operasi Keselamatan Jaya 2023

Ia menuturkan, kemacetan dan kecelakaan menjadi sebuah permasalahan utama dalam berlalu lintas, apalagi sampai merenggut nyawa seseorang.

“Salah satu dari penyebab utama kecelakaan lalu lintas adala karena rendahnya kesadaran dalam berlalu lintas yang dipicu dari pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengemudi atau human error,” kata dia.

Baca Juga  Jadi Pengalaman Pertama Lari Marathon, Hanang Antusias Ikut Superball Run 2023

Berdasarkan data jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2023, ada sebanyak 11.629 kasus jika dibandingkan dengan 2022 berjumlah 10.494 kasus.

Artinya, kasus kecelakaan lalu lintas pada tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 11 persen.

“Dalam rangka evaluasi untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, kunci utama yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik di masyarakat,” ucap Suyudi.

“Salah satu bentuk kepedulian Polda Metro Jaya beserta jajaran dan instansi terkait dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan Operasi Kepolisian Keselamatan Jaya tahun 2024 yang akan berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 4 sampai dengan 17 Maret 2024,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Korlantas Polri akan menggelar Operasi Keselamatan 2024 pada Maret mendatang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *