Tiga Aspek Penting Ini Jadi Preferensi Penjual Memanfaatkan Fitur Live Streaming di E-Commerce

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Hingga di pertengahan tahun 2024 ini, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat.

Kemampuannya dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain e- commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM.

Perusahaan riset pasar Ipsos mengumumkan hasil riset “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023 yang memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023.

Berdasarkan survei yang melibatkan seller dari brand lokal & UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, tercatat bahwa Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun itu.

Survei Ipsos menyebut, ada beberapa indikator atau aspek penting yang menjadi perhatian brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming.

Shopee Live menempati posisi puncak puncak popularitas, sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind/TOM). Persentasenya 77 persen, unggul jauh dari pesaing terdekatnya, yakni Tiktok Live (19 persen).

Selanjutnya, dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often – BUMO), Shopee Live di posisi teratas dengan persentase 72 persen, dibayangi Tiktok Live (26 persen).

Untuk market share, Shopee Live (82 persen) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui TikTok Live sebesar 18 persen.

Baca Juga  Komplotan Maling Diduga Satu Keluarga Menggasak Uang Rp 10 Juta dari Laci Toko Elektronik

“Akhir tahun 2023 lalu, kami melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru,” kata Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma dalam keterangan resmi, Sabtu (8/6/2024).

Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, lanjut Andi, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar.

“Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya,” ungkapnya.

Aspek penting pemilihan live streaming

Aspek penting yang memengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce antara lain layanan yang memuaskan, meningkatkan omzet dan berkontribusi dalam pertumbuhan bisnis.

1. Live streaming memuaskan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *