Rachmat Gobel Sebut Program One Belt One Road Dapat Menarik Lebih Banyak Investor China

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel sebut pemerintah harus memanfaatkan program One Belt One Road (OBOR), untuk menarik lebih banyak investor China ke Indonesia.

Gobel mengatakan, pemerintah harus dapat memanfaatkan adanya peluang ekonomi dari program OBOR tersebut.

Hal itu disampaikan Gobel saat membuka seminar Satu Dekade Inisiatif OBOR, bertema “Outlook Belt Road Inititive Satu Dekade ke Depan” di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

“Kalau kita bisa memanfaatkan peluang ekonomi dari OBOR ini, tentu dapatnya akan lebih besar. Karena itu, kita jangan hanya menunggu saja,” kata dia kepada wartawan.

Menurut Gobel, pemerintah Indonesia juga harus merasakan manfaatnya, seperti yang dirasakan oleh negara Asia Tenggara lainnya, atas program OBOR tersebut.

Maka dari itu kata Gobel, pemerintah harus segera menyiapkan segala perencanaan untuk mendapatkan manfaat OBOR.

Baca juga: Mahasiswi UIN Jambi Minta Maaf Setelah Dibully, Arie Kriting: Nama Baik Kampus Itu Jauh Lebih Utama

Baca juga: Sebut MK Sebagai Mahkamah Keluarga, Rizal Ramli: Jokowi Jatuh Kita Bubarkan MK Abal-abal Ini!

“Kalau kita hanya menunggu dan kita dimanfaatkan ya tentu dapatnya juga segitu. Tapi Kalau kita bisa memanfaatkan, tentu kita akan dapat lebih besar, tapi bagaimana pemerintah mempunyai perencanaan, tantangan sampai 2045 ini untuk mengisi itu, perlu memanfaatkan OBOR,” ujar dia. 

Selain itu, Gobel mengatakan pembangunan Indonesia tak hanya mengandalkan komoditas energi dan mineral saja.

Melainkan, program OBOR tersebut juga harus dimanfaatkan untuk membangkitkan sektor pertanian, perkebunan, kelautan, dengan teknologi-teknologi yang mereka ciptakan. 

“Bagaimana memanfaatkan teknologi yang mereka miliki untuk meningkatkan misalnya, pada sektor pertanian perkebunan, Kelautan. Jadi banyak sekali teknologi-teknologi yang diciptakan di China yang bisa kita manfaatkan untuk membangun ini,” ujar Gobel. (m41)

Baca Juga  Komplotan Maling Diduga Satu Keluarga Menggasak Uang Rp 10 Juta dari Laci Toko Elektronik

Baca Berita Warta Kota lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *