Pengamat: Jika PDIP Kalah Diprediksi akan Jadi Oposisi buat Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Diprediksi bila PDI Perjuangan kalah di Pilpres 2024 maka akan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. 

Hal ini dikatakan Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno memprediksi PDI Perjuangan (PDIP) akan menjadi oposisi jika pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka terpilih di Pilpres 2024.

Adi mengatakan, PDIP memiliki kebiasaan menjadi oposisi apabila kalah dalam kontestasi Pemilu.

“Pertama, DNA PDIP oposisi jika kalah Pemilu. Itu artinya sangat potensial PDIP oposan di era Prabowo-Gibran,” kata Adi kepada Tribunnews.com dikutip pada Senin (19/2/2024).

Selain itu, dia menuturkan, pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mempertegas sikap PDIP akan menjadi oposisi.

Baca juga: PDIP Raih Suara Tertinggi versi Quick Count, Pengamat: Bukti PDIP Tidak Butuh Jokowi

“Kedua, pernyataan Hasto PDIP siap oposisi jadi penegas PDIP sepertinya di luar kekuasaan di 2024,” ujar Adi.

Sebelumnya, Hasto mengatakan, PDIP siap berjuang sebagai oposisi untuk menjalankan tugas check and balance jika pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Mahfud MD kalah.

Hasto menjelaskan, berkaca pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi.

Sehingga, kata dia, kekuasaan dan kritik dalam konteks kebijakan dan implementasinya dibutuhkan check and balance.

Hasto menegaskan, menjadi oposisi adalah suatu tugas patriotik dan pernah dijalani PDIP setelah Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

“Ketika PDIP berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto dalam tayangan Satu Meja di Kompas TV, pada Rabu (14/2/2024) malam.

Baca Juga  Pengamat Sebut Duet Khofifah-Kharisma Akan Jadi Dream Team Pilkada Jawa Timur 2024, Ini Alasannya

Baca juga: Prabowo Menang versi Quick Count, tapi Gerindra Keok dari PDIP, Pengamat: Ideologinya Tak Seksi

Megawati tidak tergoda

Hasil quick count menujukan paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD kalah, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Lili Romli meyakini Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tidak akan masuk koalisi Prabowo-Gibran. 

Megawati Soekarnoputri tidak akan goyah untuk masuk koalisi Prabowo-Gibran apabila pasangan tersebut memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *