Pemberdayaan UMKM Berkelanjutan Kunci Penguatan Ekonomi, Anak Muda Didorong Ikut Serta

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTAKrisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998 membuktikan ketahanan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah teruji melewati badai krisis, saat banyak perusahaan-perusahaan raksasa kolaps.

Wirawan Panoedjoe Soebagyo, Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21 mengakui pemberdayaan UMKM menjadi perhatian besar pemimpin bangsa kedepan yang sangat penting.

Tidak hanya itu saja, keikutsertaan kaum muda dalam meningkatkan UMKM diyakini akan mampu mendorong percepatan pengembangan ditengah kemajuan zaman dan teknologi.

“Sudah tepat kebijakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang mengajak kalangan pemuda untuk menekuni sektor UMKM,” ujarnya, lewat keterangan, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: Antisipasi Penyelundupan Benih Lobster, KKP Perketat Pengamanan di Pelabuhan-pelabuhan

Sebelumnya, dengan gamblang, Muhadjir mengajak anak-anak muda menjadi pelaku-pelaku ekonomi dalam meningkatkan kualitas hidup serta memiliki masa depan yang cerah melalui UMKM.

“Saya sangat mendukung bagaimana pemuda menjadi kekuatan-kekuatan yang membawa bangsa menjadi lebih maju. Karena bagi saya, para pemuda harus menjadi pelaku ekonomi nasional,” seru Muhadjir.

Segala kreativitas dan inovasi yang dimiliki para anak muda, ditambah dukungan teknologi, UMKM di Indonesia tidak saja berkembang, tapi juga bisa melesat hingga ke level global.

Baca juga: Gibran Terancam Kena Sanksi dari Bawaslu Gara-gara Bagikan Susu saat CFD di Jakarta

Dikatakannya, pengembangan UMKM harus dibarengi dengan peningkatan kualitas, baik barang maupun jasa, serta penetrasi pasar yang lebih luas lagi.

“Kalau UMKM makin banyak, maka penyerapan tenaga kerja akan semakin besar. Maka itu artinya, angka pengangguran bisa ditekan,” ungkap Caleg DPRD Kota Bogor dari Partai Golkar ini.

Pemerintah juga harus lebih memberi perhatian kepada UMKM mulai dari pengelolaan manajerial, permodalan, peningkatan kualitas, target pasar yang lebih luas, hingga adopsi teknologi sebagai pendukung, dan lainnya.

Baca Juga  Alasan Kejagung Tak Tahan Robert Bonosusatya usai Periksa 13 Jam, Sita Harta HM Suami Sandra Dewi

“UMKM yang kuat akan sanggup menopang perekonomian bangsa,” ungkap Wirawan.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *