Libur Panjang Akhir Pekan 8-12 Mei, Penumpang KA dari Gambir dan Pasar Senen Melonjak

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Libur keagamaan pada 9 Mei 2024 yang diikuti dengan cuti bersama di momen akhir pekan, membuat volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan.

Sekitar 115 ribu tiket lebih telah dipesan untuk periode keberangkatan 8 hingga 12 Mei 2024.

Berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada Kamis (9/5/2024), total terdapat sekitar 34 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta.

Dari jumlah tersebut, 17.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12.000 penumpang dari Stasiun Gambir dan sisanya 5.000 penumpang lainnya dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek dan Jakarta Kota.

Adapun jumlah penumpang berangkat pada momen libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kereta api pada moment libur panjang ini, mulai tanggal 8 Mei 2024 KAI Daop 1 Jakarta menjalankan beberapa KA tambahan, yaitu Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon (PP), Argo Parahyangan Gambir – Bandung (PP), Taksaka Tambahan relasi Stasiun Gambir – Yogyakarta (PP) dan Manahan Gambir – Yogyakarta (PP).

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Mei 2024.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini,” kata Ixfan.

Penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun Pasar Senen. KAI Daop 1 Jakarta mencatat ada kenaikan volume penumpang Kereta Api di Stasiun Gambir dan Pasar Senen saat momen libur panjang akhir pekan 8-12 Mei 2024.

Berdasarkan pantauan KAI Daop 1 Jakarta, pada Kamis (9/5/2024), total tiket kereta api yang terjual pada Kamis (9/5/2024) hingga Minggu (12/5/2024) yaitu sebanyak 115.200 tiket.

Baca Juga  Sambut Libur Panjang Akhir Pekan, PT KAI Operasikan KA Tambahan, Berikut Jadwalnya

Dengan rincian, penumpang yang naik dari Stasiun Pasar Senen 57.500 penumpang dengan pelayanan KA 31 perjalanan KAJJ per hari dan 37.100 penumpang naik dari Stasiun Gambir dengan pelayanan KA 33 perjalanan KAJJ per hari.

“Angka penjualan tiket masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend,” sebut Ixfan.

KAI Daop 1 Jakarta berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus dan belum memiliki tiket dapat segera membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya, Jakarta – Solo, Jakarta – Malang dan relasi lainnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *