JPPR: Dukungan Ribuan Aparat Desa kepada Gibran Menghina Indonesia sebagai Negara Hukum

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–Dukungan yang dilakukan ribuan aparat desa kepada wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming adalah bentuk hinaan kepada Indonesia sebagai negara hukum.

Ada niat jahat untuk mengkhianati Indonesia, negara hukum yang mengatur bahwa kepala desa dan aparat desa harus netral, berdasarkan UU Pemilu dan UU Desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR).

“Ini adalah bentuk penghinaan aparat desa terhadap negara hukum di Indonesia yang jelas-jelas melarang kepala desa beserta aparatnya terlibat atau mendukung calon tertentu dalam pelaksanaan pemilu,” kata Koordinator Nasional JPPR Nurlia Dian Paramita, Selasa (21/11/2023).

“Pada potret lainnya, Bawaslu terlihat tak berkutik melihat isu netralitas aparat yang akhir-akhir ini menguat ke publik. Bahkan secara frontal atau terang-terangan menunjukkan ketidaknetralandalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024 ini melalui deklarasi dukungan calon tertentu pada acara Apdesi dkk itu,” jelasnya.

Baca juga: Tak Suka Iriana Dikaitkan dengan Pencalonannya sebagai Cawapres, Gibran: Siapa yang Bilang?

Dia berharap Bawaslu tak tinggal diam. Bergemingnya Bawaslu dianggap akan menjadi pengkhianatan pula terhadap prinsip negara hukum.

Apalagi, Bawaslu diberikan wewenang oleh peraturan perundang-undangan untuk memastikan aparat negara netral dalam pelaksanaan pemilu.

“Apabila tidak ditindaklanjuti atau terkesan membiarkan fenomena ini terjadi pada pilpres 2024, maka pada momen itulah pengkhianatan terhadap negara hukum secara kolektif dilakukan oleh bangsa kita.

Baik yang melanggar netralitasnya maupun oleh pihak yang tidak menegakkan aturan yang berlaku, atau bahkan terkesan tidak serius mempersoalkan fenomena tersebut,” jelas perempuan yang akrab disapa Mita itu.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengaku akan segera memanggil pihak yang mengadakan acara dukungan itu.
Namun, ia tak bisa memastikan kapan panggilan itu dilakukan.

Baca Juga  Tepis Pernyataan Ganjar Pranowo, Partai Gerindra Benarkan Petani Kesulitan Dapatkan Pupuk: Itu Fakta

Sebelumnya, ribuan aparat dan kepala desa memberi sinyal dukungan terhadap calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming.

Itu terlihat dalam acara Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023 yang terdiri dari 8 organisasi perangkat desa, di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Dituding Ijazahnya Palsu, Gibran Tantang Dokter Tifa: Saya Belikan Tiket Pesat, Silakan Cek Sendiri

Meski tak ada deklarasi, Gibran tetap hadir di acara tersebut. Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (MPO Apdesi) Muhammad Asri Anas tak menutup peluang bahwa kepala desa, perangkat desa, dan anggota permusyawaratan desa bakal mengampanyekan Paslon capres-cawapres di balik layar.

“Jadi gini, kalau ada menuduh bahwa ini menggerakkan, ini berkampanye, ini tidak berkampanye.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *