Jelang Setahun Pimpin Jakarta, Heru Budi : Diperpanjang Silakan, Kalau Nggak Kembali jadi Kasetpres

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Heru Budi Hartono akan genap setahun memimpin DKI Jakarta sebagai Pj Gubernur pada Selasa (17/10/2023).

Mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Wali Kota dan Penjabat Bupati, bahwa jabatan mereka harus diperbarui atau diperpanjang setiap setahun sekali.

Kepada wartawan, Heru enggan berkomentar lebih jauh soal kemungkinan jabatannya diperpanjang di Jakarta. Mantan Wali Kota Administrasi Jakarta Utara itu menyerahkan, perpanjangan masa jabatannya kepada pemerintah pusat.

“Bukan siap nggak siap ya, tergantung dari perintah Mendagri kan. Ya kalau diperpanjang ya silakan, kami jalankan tanggung jawab itu. Ya kalau nggak, kembali sebagai Kepala (Sekretariat) Presiden kan,” kata Heru saat acara hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) Sudirman, Jakarta Pusat pada Senin (15/10/2023).

Heru meminta kepada khalayak untuk menunggu pengumuman soal jabatannya dari Kemendagri pada Senin (16/10/2023).

Saat ini Heru mengemban dua jabatan, yaitu untuk definitif sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) RI sedangkan jabatan tambahan sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

“Lihat besok ya, ya tanya Pak Mendagri (soal perpanjangan jabatan), ya lihat saja,” ujar Heru.

Diketahui, Heru Budi Hartono akan genap memimpin Jakarta pada 17 Oktober 2023 mendatang. Posisi Heru menggantikan Anies Baswedan, Gubernur definitif yang telah pensiun pada 16 Oktober 2022 lalu.

Pelantikan Heru berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/P Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Masa Jabatan 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

Setiap triwulan, Heru menjalani evaluasi dari Kemendagri karena dia dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian. Dalam tahap evaluasi itu, Heru memaparkan sejumlah pencapaian program yang ada di Jakarta, seperti penanggulangan kemacetan, banjir, penataan transportasi, sosial, pendidikan, kesehatan dan sebagainya. 

Baca Juga  Polda Metro akan Periksa John Kei Soal Penembakan Anak Buah Nus Kei Hingga Tewas di Bekasi

PSI Anggap Heru Layak Diperpanjang

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menilai, Heru Budi Hartono perlu diberi kesempatan lagi memimpin DKI Jakarta sebagai Penjabat (Pj) Gubernur.

Di bawah kepemimpinannya jelang setahun, Heru mampu membawa perubahan di Jakarta menjadi lebih baik.

“Saya kira Pak Heru patut diberi kesempatan lagi, walau masih bisa lebih maksimal lagi. Tapi paling tidak ada progres,” ujar Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana pada Jumat (13/10/2023).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *