DTKTE DKI Jakarta Soroti Peningkatan Kualitas SDM demi Wujudkan Visi Kota Global

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (DTKTE) DKI Jakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Pola Bappeda, Balai Kota DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Acara yang dibuka Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Joko Agus Setyono tersebut bertajuk “Strategi Pengembangan Produktivitas Ekonomi Jakarta dalam Mewujudkan Visi Kota Global”.

Joko memberikan pesan terdapat beberapa hal yang menjadi tantangan dalam peningkatan produktivitas Jakarta dan visi Jakarta dalam menuju kota bertaraf global.

“Tantangannya seperti masalah kemacetan, polusi udara, dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Jakarta yang belum mampu bersaing secara global,” ungkapnya, lewat keterangan, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: Ada 517 Kasus Covid-19 di Jakarta Selama Desember 2023, 16 Orang Dinyatakan Meninggal

Pada kesempatan yang sama Kepala DTKTE DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan FGD bertujuan membangun jejaring antarpemangku kepentingan mengakselerasi peningkatan produktivitas Jakarta.

Selain itu menjadi wadah diskusi mengidentifikasi hambatan, memantik strategi percepatan Jakarta menjadi kota bertaraf global serta merumuskan program-program pengembangan produktivitas masyarakat dan generasi muda warga Jakarta.

“Diskusi itu menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, bahwa peningkatan kualitas SDM Jakarta adalah hal yang mutlak untuk membawa Jakarta menjadi kota bervisi global karena tanpa SDM yang mumpuni, Jakarta tidak bisa bersaing dengan kota-kota megapolitan dunia lainnya,” ujar Hari.

“Kedua, bahwa sektor industri dan dunia usaha merupakan sektor yang menjadi penggerak dalam peningkatan produktivitas Jakarta,” sambungnya.

Baca juga: Jelang Malam Tahun Baru, Satpol PP DKI Jakarta Tindak Tegas Petasan Antisipasi Kebakaran

Kemudian, hal tersebut harus juga disokong oleh kemampuan efektivitas logistik di pelabuhan agar suplai dan kebutuhan Jakarta bisa terdistribusikan dengan optimal sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian Jakarta.

Baca Juga  Presiden Jokowi Buka IIMS 2024, Yakin Kendaraan Listrik Indonesia Bisa Bersaing dengan Negara lain

Acara ini dihadiri Sekretaris Dewan Pengarah Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) yang diwakili oleh Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Decky Haedar Ulum.

Ada juga beberapa narasumber pakar seperti Dr. Indra Pradana Singawinata sebagai Sekretaris Jenderal Asian Productivity Organization (APO) secara daring, Prof. Bomer Pasaribu selaku Ketua Tim Kerja Lembaga Produktivitas Nasional (LPN).

Kemudian Dharma Satriadi Direktur Utama PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dan Ade Hartono Presiden Direktur PT Jakarta International Container Terminal (JICT) serta dimoderatori M. Tsani Annafari, selaku Kepala Pusat Pengembangan Produktivitas Daerah, DTKTE DKI Jakarta.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *