Debat Cawapres Jauh dari Substansi, Gibran Dinilai Melakukan Jebakan Pertanyaan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Youtuber Nur Iswan menyayangkan debat Cawapres perdana kemarin, yang didominasi perbincangan dan sentimen diskusi di ruang publik terkait dengan singkatan atau istilah teknis. 

 

Dia bilang singkatan itu dikatakan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, SGIE. Singkatan itu kepanjangan dari State of Global Islamic Economy. Hal ini biasanya terkait peringkat negara-negara yang menerapkan ekonomi Islam. 

 

Selain SGIE, Nur Iswan mengatakan bahwa Gibran juga mengutip istilah Carbon Capture on Storage yang ditanyakan kepada Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD. 

 

“Sementara SGIE itu ditanyakan kepada Gus Imin yang dihubungkan dengan dirinya sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan (PKB). Dihubungkan-hubungkan dengan itu dan ekonomi syariah. Mas Gibran ingin tunjukan bahwa ia paham. Padahal, ia juga nampak menunduk dan membaca.”kata Iswan dalam podcast bertajuk REMPONG DEH‼️DIAJAK ADU GAGASAN, MALAH NGOMONG & BACA “SINGKATAN SGIE”‼️, Sabtu, 23 Desember 2023.

 

Wajar saja, menurut Iswan, jika Hal ini pmenurutnya mendapat respon panas dari Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto. Orang kedua Megawati Soekarnoputri itu seperti dikutip media online nasional mengatakan apa yang ditanyakan Gibran adalah sebuah question trap atau jebakan pertanyaan.

 

Iswan mencontohkan saat Jokowi beradu gagasan dalam debat dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2014 atau 2019. Waktu itu Ketua Umum Partai Gerindra ditanya Jokowi soal Unicorn dan TPID. “Jadi singkatan-singkatan itu dibuat supaya menjebak dan menunjukkan ketidakpahaman lawan bicara atau lawan debat,” kata Iswan.

 

Dia menyayangkan hal tersebut. Dia berasumsi debat politik itu adalah panggung utama pendidikan politik kepada masyarakat agar mengetahui inti dari ide dan gagasan figur yang akan memandu dan memimpin negeri ini pada 2024 hingga 2029.

Baca Juga  Sembilan Hari Gelar Razia Lawan Arus, Dishub DKI Catat 623 Kendaraan Melanggar

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *